Sunday, October 12, 2014

ROLEX Submariner No Date Ref.5513


Ini adalah Rolex Submariner No Date mika pertama yang pernah saya miliki. Sejak awal melihat tipe ini dikenakan oleh seorang teman beberapa tahun lalu, saya sudah suka dan ingin suatu hari memilikinya. Ternyata untuk mendapatkan sebuah 5513 dalam kondisi bagus ternyata sulit. Seiring dengan itu, harga nya pun semakin melambung tinggi. Saat ini, 5513 merupakan salah satu tipe Rolex sport vintage yang paling banyak dicari dan diminati oleh para penggemar jam antik. karena itu valuenya juga ikut meningkat secara drastis. Incaran utama saya sebenarnya 5513 dengan matte black dial dan ternyata sangat sulit. Sampai akhirnya, saya mendapatkan sebuah 5513 dengan gold marking dan gloss dial yang diproduksi pada era 80-an.


Rolex Submariner 5513 pertama kali diproduksi pada tahun 1962 menggantikan Ref.5508 (James Bond Submariner). 5513 merupakan salah satu produk Rolex yang memiliki waktu produksi terlama yaitu sekitar 30 tahun, sampai awal tahun 1990-an. Dalam kurun waktu tersebut 5513 diproduksi dalam 2 varian utama jenis dial, yaitu matte black dan glossy. Pada tahun 1984, Dial gloss diproduksi dengan penambahan gold marker pada dot index. Sedangkan untuk varian desain index, wording dan logo, seri 5513 memiliki beberapa varian.

5513 yang saya miliki ini menggunakan gloss dial dan gold marker. Kondisi dial masih bersih, begitu juga dengan index dan jarum jam. Warna tritium pada index dan jarum sudah mulai menguning dan inilah salah satu hal yang membuat saya suka. Mika yang berbentuk cembung membuat penampilan jam ini menjadi semakin menarik dan unik.





No comments: